Fasilitas

Sarana & PrasaranaMuseum Ir. H. DjuandaGuest HousePanggung TerbukaTempat PersinggahanArena Bermain AnakJogging TrackTrack SepedaSarana OutbondArea PaintballBumi Perkemahan

SARANA DAN PRASARANA
Pintu Gerbang 4

Demi terwujudnya visi Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yaitu ” Terciptanya Pengembangan Pengelolaan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang berwawasan lingkungan untuk mewujudkan kelestarian hutan sebagai sistem penyangga kehidupan bagi kesejahteraan rakyat” maka pengelola Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda telah membangun beberapa fasilitas dengan tidak mengesampingkan unsur pelestarian alam, diantaranya:

  • Perbaikan Jalan Masuk Area Kawasan
  • Area Parkir Kendaraan
  • Mushola
  • Sarana OutbondIMGP2740
  • Sarana Olahraga
  • Bumi Perkemahan
  • Tempat Bermain Anak
  • Tempat Peristirahatan
  • Area Pertunjukan
  • Wisma Penginapan
  • Toilet Umum

 

 

 

MUSEUM TAHURA IR. H. DJUANDA

 

musium
Koleksi yang terdapat di pusat informasi antara lain medali kehormatan dan photo – photo peninggaan Ir. H. Djuanda. Terdapat juga koleksi herbarium dan offset satwa Tahura Ir. H. Djuanda serta monolith (artefak) manusia pra sejarah.

Di ruangan berukuran 8 x 10 meter tersimpan benda-benda kenangan tokoh pejuang yang pada tanggal 28 September 1945 memimpin para pemuda mengambil-alih Jawatan Kereta Api dari Jepang, dan kemudian disusul pengambil-alihan Jawatan Pertambangan, Kotapraja, Keresidenan dan obyek-obyek militer di Gudang Utara, Bandung.

Terdapat bermacam-macam penghargaan yang diterima pahlawan nasional kelahiran Tasikmalaya ini yang tersimpan di dalam museum. Mulai dari piagam penghargaan dari pemerintah RI dan negara-negara asing, hingga medali, kancing, dan wings dari berbagai negara seperti Rusia, Thailand dan Malaysia. Terdapat juga foto Pak Djuanda berukuran besar di dalam museum. Disamping itu ada juga koleksi herbarium dan offset satwa serta artefak purbakala.

Guest House

 

Wisma Baru 2

Penginapan disediakan bagi wisatawan yang ingin menginap di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda dan untuk menunjang berbagai kegiatan yang diadakan selama berada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Untuk kenyamanan selama melakukan kunjungan di kawasan Tahura maka anda bisa menggunakan fasilitas penginapan ini sesuai dengan lama kunjungan yang dilaksanakan. Untuk membooking penginapan, wisatawan bisa menghubungi pihak pengelola kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Suasana yang tenang dan segar di pagi hari bisa anda rasakan bila menginap disini dan anda pun serasa benar-benar menyatu dengan alam.

Wisma Baru 3

 

Panggung Terbuka

Panggung Terbuka 3

Bila kita ingin menikmati suguhan pertunjukan dan atraksi seni dapat kita temukan di panggung terbuka (open stage) pada waktu-waktu tertentu. Bangunan kokoh ini berukuran 250 M, letaknya strategis dilengkapi balkon yang mampu menampung 400 orang. Suasana terbuka dan rileks dikelilingi pohon rimbun dan udaranya yang sejuk, membuat siapapun betah ingin berlama-lama menikmati setiap sajian yang ditampilkan. Untuk orang-orang yang memiliki kreatifitas seni, stage ini dapat digunakan sebagai tempat menuangkan inspirasi atau untuk memamerkan hasil karya seni yang bercita rasa tinggi. Bagi mereka yang ingin merayakan pesta kebun dengan suasana lain dari biasanya, udara yang segar, penataan dengan penuh sentuhan seni yang berselera tinggi makan panggung terbuka ini akan menjelma seakan berada di negeri dongeng.

 

DSCF3228Panggung Terbuka 3IMG_2612

 

 

 

 

Tempat Persinggahan

IMGP2740

Bagi wisatawan yang ingin berekspresi atau sekedar menghilangkan rasa lelah dan dahaga ataupun memanjakan lidah dengan makanan dan minuman yang dibawanya, akan terasa nikmat jika beristirahat di shelter-shelter yang berada di kawasan yang bernuansa alami ditambah lagi dengan kicauan burung dan dikelilingi pepohonan menjulang tinggi. Shelter ini bisi digunakan saat anda merasa lelah ketika jalan-jalan mengelilingi area kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, anda bisa beristirahat hanya untuk melemaskan otot-otot yang tegang karena capai setelah berkeliling atau hanya sekedar duduk sambil menikmati segarnya udara yang dihasilkan oleh pepohonan yang berada di sekitarnya.

Arena Bermain Anak 12

Taman Bermain Anak

Arena Bermain Anak 11

Bagi wisatawan yang datang bersama keluarga, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda menyediakan tempat bermain hampir di setiap objek wisata. Khusus untuk anak-anak, letaknya tidak jauh dari plaza monumen Ir. H. Djuanda. Taman bermain anak-anak yang baik dan nyaman mengingatkan kita akan masa kanak-kanak yang penuh keceriaan dan keriangan, dipadu dengan keakraban keluarga. Di taman ini juga anak-anak bisa diajak bermain sambil belajar, dengan fasilitas permainan ayunan, perosotan, jungkitan dan lain-lain.

Arena Bermain Anak 4

Jogging Track

Angsana 1

Jogging track di kawasan Tahura Ir. H. Djuanda ini sangat baik digunakan untuk olahraga atau pun hanya sekedar berjalan santai sambil menyusuri jalan setapak disisi sungai di dalam kawasan Tahura sampai dengan menuju Puncak Bukit Pakar sejauh kurang lebih 5 km.

Dengan udara yang masih sangat segar, dan rerimbunan pohon – pohon serta kondisi jogging track yang telah dipasangi paving blok dengan rute yang turun naik menuju ke Maribaya, akan sangat menyenangkan bagi kita untuk berolahraga di dalam kawasan Taman Hutan Raya ini.

Track Sepeda

Track Sepeda 1

 

 

Sarana Outbond

OutbondDengan semakin banyaknya rutinitas pekerjaan, ketatnya persaingan ditambah dengan tingkat polusi daerah perkotaan yang semakin tinggi, mengakibatkan kelelahan fisik maupun mental yang terakumulasi menjadi kebosanan hingga tingkat stress yang membebani setiap orang, atau untuk membangun karakter team yang kuat dalam suatu komunitas dan atau pekerjaan yang membutuhkan tingkat kerjasama yang tinggi.
Untuk melepaskan diri dari segala ketegangan dan kepenatan serta membangun team building yang kuat dalam kebersamaan dan saling percaya antar anggota komunitas atau pekerjaan, maka setiap orang membutuhkan waktu jeda dan mengistirahatkan fisik maupun mental dengan kegiatan di luar kantor, khususnya dengan aktifitas outbond / team building serta menghirup udara segar di tengah rimbunnya pepohonan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang masih asri dan terjaga dengan baik. Outbond 2

Area Paintball

 

Bumi Perkemahan

Sebagai sarana pengenalan dan pembelajaran untuk lebih mencintai alam bagi kita semua, maka Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda menyiapkan area bumi perkemahan yang saat ini sedang dalam tahap persiapan beberapa fasilitas umum dengan tidak mengesampingkan tujuan konservasi dan perlindungan kawasan. Dengan area yang tidak jauh dari Tebing Keraton, area perkemahan ini dilengkapi beberapa fasilitas diantaranya:

– Area Perkemahan

– Musholla

– WC Umum

– Menara Pengawas

 

IMG_20151021_110036IMG_20151021_105930IMG_20151021_110730IMG_20151021_110652IMG_20151021_110031

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BERITA TERBARU
Acara THR.Ir.H.Djuanda, Labo KRETA HERBSAYS, Bandung Sketcwalk.
PIKNIK DI HUTAN Dengan mengangkat tema “Berpiknik Bergembira Bersama” dan “Merayakan Toleransi Keb......


PIC_0669
TAHURA Trail Running Race 2017 23 Januari 2017 Tahura Trail Running Race 2017 event tahunan lari marathon diselenggarakan oleh Indo......


Tahura Tahun Baru
Selamat Tahun Baru 2017     Segenap Pimpinan & Staff Tahura Ir. H. Djuanda mengucapkan…. ” SELAMAT......


IMG_20161228_105405
Penanaman Pohon Obat Tradisional Berdasarkan kenyataan hingga sekarang sumber simplisia nabati sebagian masih diperoleh dengan meneb......


FB_IMG_1482452094333
Festival Cikapundung Festival ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki kawasan sungai Cikapundung agar tidak terc......


'